Pages

Kamis, 15 November 2012

keracunan

Keracunan dan obat penawarnya




Inilah pertolongan pertama yang sebaiknya dilakukan sebelum penderita keracunan dibawa ke dokter atau rumah sakit :
Keracunan pestisida. Konsumsi air kelapa hijau yang diberi garam dapur. Usahakan agar muntah dengan cara memasukkan jari bersih ke kerongkongan.
Keracunan singkong, gadung atau kara benguk. Diatasi dengan minum air kelapa hijau yang diberi sedikit garam. Dapat juga dicampur gula kelapa.
Keracunan jamur. Untuk mengobatinya minumlah sebutir telur ayam yang sudah dikocok. Berikan juga santan kental atau air kelapa hijau satu gelas.
Keracunan makanan busuk. Misalnya daging kalengan. Berikan norit dan usahakan agar muntah.
Keracunan udang. Usahakan agar penderita muntah, lalu minumkan air kelapa hijau. Supaya cepat muntah, penderita minum telur mentah yang sudah dikocok atau susu sapi mentah.
Keracunan daging atau ikan busuk. Minumlah segelas santan kelapa yang kental. Susul dengan minum air kelapa muda. Dapat juga ditambahkan 20 g kaolin pada air kelapa tersebut.
Keracunan yodium. Minumkan larutan tepung beras. Usahakan agar muntah.
Keracunan zat-zat asam (air keras, asam, karbol, dll). Minumkan air sebanyak-banyaknya. Jika minum susu, berikan tablet kapur. Cuci perut dengan garam inggeris.
Keracunan alkohol. Usahakan agar muntah, setelah muntah berikan kopi pahit dan kompres kepalanya dengan es.
Keracunan aspirin (asetosal). Berikan susu atau santan kelapa. Usahakan agar muntah.
Keracunan obat tidur (valium, veronal). Minumkan air sebanyak-banyaknya, usahakan agar ia muntah. Berikan norit dan garam inggeris sebagai pencuci perut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About