Pages

Senin, 21 Januari 2013

Cara Sehat Atasi Mabuk Minuman

Minum minuman keras tentunya bisa membuat seseorang mabuk. Efek yang ditimbulkan, seperti sakit kepala, mual hingga perut kembung, memang tak enak. Padahal belum tentu seseorang yang sedang mabuk karena kecanduan atau terbiasa dengan mengkonsumsi minuman beralkohol ini. Tapi sungguh repot dan tersiksa dibuatnya.


Seorang tamu atau menadapat jamuan dari rekan kerja atau tamu istimewa sang Boss bisa jadi akan diajak makan atau jalan jalan menikmati indahnya kehidupan di malam hari. Sudah barang tentu akan bersinggungan dengan minuman yang menghangatkan badan kita. tetapi jika kita mengkonsumsi melebihi batas kekuatan tubuh dapat memabukan dan jika kita akan mengindarinya mungkin memiliki rasa tidak enak. Etika juga akan lebih kuat dalam diri kita karena sedang di jamu atau ditraktir.


Berikut ini beberapa tips sehat untuk mengatasi efek mabuk akibat terlalu banyak minum.

1. Rehidrasi tubuh Anda

Etanol yang terkandung dalam minuman alkohol mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi, yang memicu timbulnya sakit kepala, mulut kering dan kelelahan. Mengonsumsi 500 ml air putih setelah minum minuman alkohol dan sebelum beranjak tidur sangat dianjurkan. Cairan ini akan membantu menghidrasi tubuh serta meningkatkan jumlah elektrolit dan kadar glukosa dalam darah.

2. Kurangi Kafein
Sebagian orang percaya kalau kafein bisa mengobati sakit kepala dan migrain akibat mabuk. Sayangnya, kafein juga memiliki efek dehidrasi pada tubuh yang justru meningkatkan masalah sakit kepala dan migrain Anda. Dibanding minum secangkir kopi, lebih baik Anda minum segelas jus segar untuk menetralkan rasa nyeri di kepala.

3. Makan

Setelah puas bersulang semalaman, bangun tidur di pagi hari dengan kepala berat pasti rasanya tak enak. Untuk mengatasinya, carilah makanan berkarbohidrat yang bisa membawa level tekanan gula darah normal kembali. Pisang juga layak dijadikan cemilan. Pisang mengandung beberapa zat yang dapat menetralisir perut Anda dalam waktu singkat.

4. Tidur
Alkohol mengacaukan kelenjar pituitari saat Anda minum yang berakibat pada siklus tidur. Seberapa parahnya mabuknya, Anda hanya butuh tidur. Bila Anda bisa langsung tidur setelah berpesta minuman, itu bagus! Bila tidak, coba untuk tidur pada keesokan pagi atau siang harinya.

5. Olahraga
Beberapa jenis olahraga berat seperti cardio, bisa membantu memompa darah yang membuat tubuh lebih cepat mensirkulasikan darah melalui ginjal dan hati. Hal ini akan membuat tubuh semakin cepat mengeluarkan efek alkohol dari tubuh.

Jika ingin menghindari efek dari alkohol, cara tersehat adalah dengan menjauhi miras dan sejenisnya. Mencegah jauh lebih baik, terutama bagi kesehatan Anda.

Dr Aaron Michelfelder dari Loyola University Stritch School of Medicine di Chicago juga menambahkan bahwa mabuk dapat menyebabkan kerusakan otak. Oleh karena itu, perlu bagi seseorang untuk memikirkan minuman apa yang ingin dikonsumsinya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About