Pages

Sabtu, 26 Januari 2013

bahaya krim kecantikan

Ketahui Fungsi dan Bahaya dari Krim Kecantikan Kulit

Posted on 24 Jan 2013 at 5:10pm
photo by sheknows
photo by sheknows
Kecantikan adalah salah satu aset yang dimiliki setiap wanita. Seiring bertambahnya usia, tentu saja kecantikan kulit seorang wanita akan berkurang. Selain karena faktor lingkungan, kecantikan juga dipengaruhi oleh faktor asupan gizi, bentuk perawatan, dan faktor psikis seorang wanita. Guna mempertahankan dan meningkatkan kecantikan khususnya kecantikan kulit, seorang wanita biasanya akan menggunakan beberapa produk-produk kecantikan seperti krim, serum, ataupun produk lainnya. Tak jarang yang memilih untuk membeli produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran meskipun tanpa resep atau anjuran dari dokter kulit. Memang, produk kecantikan khususnya krim kecantikan yang dijual di pasaran biasanya memang dikhususkan bagi mereka yang enggan konsultasi ke dokter namun tetap bisa mendapatkan bentuk dan tekstur kulit idaman. Namun, waspadalah, karena tidak semua produk krim kecantikan aman untuk digunakan. Kami sarankan sebelum menggunakan krim kecantikan, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal berikut ini.

Fungsi dari Krim Kecantikan Kulit

Krim kecantikan kulit, sesuai namanya krim ini berfungsi untuk mempercantik bentuk, tekstur, dan warna kulit. Pada umumnya, krim kecantikan baik untuk wajah maupun untuk tubuh yang di jual di Indonesia memiliki kekhususan tersendiri. Kebanyakan krim tersebut bertujuan untuk memutihkan dan mencerahkan warna kulit dimana memang orang Indonesia khususnya wanita berorientasi pada kulit putih dan cerah sebagai kiblat kecantikan. Akan tetapi, selain memutihkan dan mencerahkan, krim kecantikan kulit masih memiliki beberapa fungsi sesuai dengan kandungan atau komposisi di dalamnya. Pertama, krim kecantikan berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kecantikan kulit. Krim kecantikan yang mengandung vitamin E, vitamin C, dan protein memiliki fungsi tersebut. Vitamin E dan C pada suatu krim kecantikan membantu mengencangkan kulit dan menutrisi kulit terutama kulit dewasa. Kedua, krim kecantikan berfungsi untuk menghidrasi kulit. Kandungan alga, rumput laut, dan multivitamin dapat menjadi komposisi yang ampuh untuk membantu meningkatkan kelembaban kulit. Ketiga, krim kecantikan berfungsi untuk detoksifikasi. Jangan salah, krim kecantikan memang ada yang berfungsi sebagai media untuk mengeluarkan racun pada kulit. Kandungan mineral yang ditambahkan dalam suatu krim kecantikanlah yang berfungsi mengeluarkan racun dari dalam kulit. Keempat, krim kecantikan berfungsi untuk mengurangi pigmentasi kulit dan flek hitam. Krim kecantikan yang mengandung allatoin A dan B serta AHA atau Alpha Hydroxide Acids dapat membantu mengelupas kulit dan merangsang sel-sel dibawah kulit untuk mengurangi terjadinya pigmentasi. Kelima, krim kecantikan berfungsi untuk menunda penuaan dan menghaluskan kulit keriput. Kandungan antioksidan dalam suatu krim kecantikan terbukti mampu mencegah penuaan dini dan membantu mengurangi keriput pada kulit dewasa. Antioksidan dapat diperoleh dari vitamin E, vitamin A, dan vitamin C. Selain mengurangi keriput, antioksidan juga dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas yaitu pengaruh buruk lingkungan terhadap kulit seperti sinar UV A dan UV B serta polusi udara.

Bahaya dari Krim Kecantikan Kulit

Perlu diketahui oleh para wanita bahwa tidak semua jenis dan merk krim kecantikan yang dijual bebas di pasaran itu terjamin keamanannya. Masih banyak jenis krim kecantikan kulit yang belum terdaftar di badan POM dan belum mendapat jaminan mutu. Selain itu, seiring dengan dibukanya pasar bebas di Asia khususnya di Indonesia, banyak produk krim kecantikan dari negara-negara lain yang mungkin mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kulit yang masuk secara tumpah ruah di Indonesia. Selain itu, masih ada pula jenis krim kecantikan palsu yang sengaja diproduksi oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab demi keuntungan mereka semata. Oleh sebab itu, para wanita termasuk Anda wajib mengetahui apa saja bahaya dari krim kecantikan. Krim kecantikan yang mengandung zat merkuri, hydroquinone, glutathione, dan zat-zat asam dan logam lain yang berbahaya dapat memberikan efek buruk bagi kulit dan juga organ-organ tubuh yang lain. Kandungan zat tersebut dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit, kerusakan organ hati, kerusakan rahim dan kemunduran sistem reproduksi. Hal ini disebabkan karena zat-zat berbahaya seperti merkuri termasuk jenis logam yang tidak dapat diurai dalam tubuh. Sehingga, zat-zat tersebut menempel pada jaringan kulit yang nantinya dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Bagaimana Memilih Krim Kecantikan yang Baik

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan krim kecantikan yang baik. Pertama, perhatikan komposisi bahan yang digunakan dalam membuat krim kecantikan kulit. Meskipun krim tersebut diproduksi oleh perusahaan yang ternama, namun Anda tetap wajib mengecek komposisi bahan. Pastikan tidak ada kandungan logam berat di dalamnya contohnya adalah Hydrargyrum (Hg) yang menjadi nama lain dari logam merkuri. Jadi sebelum Anda membeli suatu krim, pastikan Anda tidak menemukan komposisi berbahaya di dalamnya. Kedua, kandungan logam atau zat berbahaya mungkin tidak ada atau tidak tercantum pada label kemasan, tapi ada cara unik yang dapat Anda terapkan sebelum membeli krim kecantikan. Caranya adalah dengan mengoleskan tester krim ke area di belakang daun telinga Anda. Oleskan tester pada area tersebut, kemudian pergilah berjalan-jalan sebentar di area pusat perbelanjaan dimana Anda mencoba tester tersebut. Bila kemudian terasa panas atau gatal, berarti krim tersebut tidak cocok untuk kulit Anda terutama kulit wajah Anda. Ketiga, cek ada dan tidaknya nomor lisensi dari BPOM. Nomor lisensi dari BPOM sangatlah penting untuk produk kecantikan. Dengan adanya nomor lisensi tersebut, krim kecantikan yang akan Anda beli memiliki ijin resmi (tidak ilegal) dan teruji kualitasnya. Keempat, hindari krim kecantikan palsu. Krim kecantikan palsu dapat dilihat dari tekstur, warna, dan kondisi kemasan. Pastikan Anda membeli krim kecantikan di gerai atau distributor resminya.
Menggunakan krim kecantikan memang tidak sepenuhnya disarankan oleh ahli kesehatan kulit. Namun, tuntutan zaman yang mengharuskan seorang wanita tampil cantik menjadi faktor utama mengapa krim kecantikan sangat diperlukan. Berhati-hati dalam memilih dan menggunakan krim kecantikan menjadi prioritas penting bagi kaum wanita. Selain dengan menggunakan krim, jagalah kecantikan kulit Anda dengan asupan makanan yang bergizi dan gaya hidup sehat

Sumber: Ketahui Fungsi dan Bahaya dari Krim Kecantikan Kulit | Lovira.com http://lovira.com/ketahui-fungsi-dan-bahaya-dari-krim-kecantikan-kulit/#ixzz2J4EMWGx9
Follow us: @loviracom on Twitter | loviracom on Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About