Pages

Jumat, 25 Januari 2013

mengenal kanker servik secara lebih mendalam

Mengenal Kanker Serviks Secara Lebih Mendalam

Posted on 11 Jan 2013 at 1:19pm

photo by anneahira
photo by anneahira
Banyak penyakit yang rentan hinggap ke tubuh wanita. Salah satu penyakit berbahaya yang mengintai setiap wanita adalah kanker serviks. Penyakit ini adalah pembunuh nomor satu di dunia dan menjadi hal yang begitu menakutkan bagi setiap wanita. Penyebab kanker serviks adalah virus Human Papillomavirus atau dikenal dengan HPV. Jenis virus ini pada umumnya dapat tertular karena adanya kontak se*sual dengan pembawa virus. Kanker serviks bermula dari pertumbuhan sel yang berlangsung secara tidak normal. Pertumbuhan sel yang tidak normal ini terjadi di daerah mulut rahim. Sel-sel tersebut akan berkembang dengan cepat dan kemudian menyerang sel-sel normal yang ada di sekitar sel tersebut. Sel ini kemudian berkembang biak lalu menginfeksi area leher rahim penderita. Sel-sel ini dapat pula menyebar ke area lain tubuh penderita. Wanita pada umumnya tidak menyadari ketika mereka terserang kanker serviks. Hal ini dikarenakan penderita tidak mengetahui bahwa mereka terserang penyakit ini. pada tahap awal wanita tidak menyadari karena tidak ada gejala awal yang signifikan saat seseorang terserang kanker serviks. Pada umumnya sel-sel kanker akan bertumbuh dan berkembang dengan pesat dalam periode waktu 10 hingga 15 tahun. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker serviks. Berhubungan se*s terlalu dini sebelum usia 18 tahun, melahirkan di bawah 16 tahun, penggunaan obat mimunisuppressant serta menjadi perokok dapat meningkatkan risiko anda untuk terserang kanker serviks.

Mengenal Kanker Serviks: Gejala yang Muncul

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa wanita tidak akan merasakan gejala yang signifikan ketika dalam tahap awal kanker serviks. Gejala dari kanker serviks akan terlihat setelah perkembangan sel kanker telah meluas dan menyebar dengan pesar hingga menginfeksi area sekitarnya. Anda patut waspada ketika merasakan rasa sakit saat melakukan hubungan se*sual dengan pasangan anda. gejala lain yang mungkin menyertai adalah terjadinya pendarahan pada "Miss V". Pendarahan ini tidak terjadi sewajarnya karena bukan terjadi pada sat-saat sewajarnya. Pendarahan ini dapat muncul setelah anda melakukan kontak se*sual, di sela-sela waktu menstruasi, dan pasca menopause. Pendarahan ini sendiri dapat menyebabkan anda mengalami fase menstruasi yang lebih lama daipada yang biasanya terjadi. Gejala lain yang nampak adalah munculnya keputihan yang bersifat tidak normal karena berbau, berwarna (kuning atau kecoklatan), serta menimbulkan rasa gatal.

Pencegahan Penyakit Kanker Serviks

Bagi wanita yang ingin melakukan pencegahan penyakit kanker serviks, ada beberapa hal yang dapat mereka lakukan. Yang pertama adalah tidak bergonta-ganti pasangan. Pilihlah untuk menjalankan hubungan hanya dengan pasangan sah anda. Selain itu usahakan untuk tidak melakukan hubungan se*sual saat berusia di bawah 18 tahun. Hal ini diperlukan untuk mempersiapkan kematangan organ kewanitaan anda. Jika anda perokok, segera hentikan kebiasaan ini. Semoga sedikit penjelasan di atas membuat anda lebih mengenal kanker serviks dan menjadi lebih waspada akan penyakit ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About