Pages

Senin, 21 Januari 2013

Makanan Pereda Sariawan

Sakit sariawan memang menjengkelkan, berikut ini makanan pereda sariawan supaya terasa nyaman. Sariawan kerap dialami oleh siapa saja. Apalagi jika orang tersebut tak pandai memilih makanan. Selain kekurangan vitamin, sariawan juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti rokok, minuman alkohol, makan atau minum yang panas dan hidangan pedas.

Saat sariawan melanda, otomatis nafsu makan pun akan menurun. Apa saja yang masuk ke dalam mulut terasa sakit dan hambar. Untuk mencegah dan mengobatinya, Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:

Vitamin B

Kekurangan vitamin B tak hanya menyebabkan mulut bermasalah, tetapi juga memicu anemia dan depresi. Untuk memperolehnya vitamin B, Anda dapat konsumsi tiram, telur ikan, susu kedelai, dan susu beras secara rutin.

Zat besi

Zat besi tidak hanya menyembuhkan sariwan, tetapi juga memperkuat tulang dan otot. Untuk tetap fit dan sehat, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi bayam, daging sapi, hati ayam, wijen dan sereal.

Asam folat
Untuk menghindari sariawan atau luka mulut yang berulang, Anda harus membiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat banyak terdapa pada sayuran hijau gelap, seperti bayam, asparagus, kacang polong, lobak dan kacang-kacangan.

Air kelapa

Meski bukan salah satu jenis makanan, air kelapa adalah obat ampuh yang dapat menyembuhkan luka pada mulut. Banyak minum air kelapa juga dapat meredakan peradangan dan mencegah sariawan.

Buah-buahan

Jeruk, pisang dan nanas merupakan makanan sehat yang dapat menyembuhkan sariawan di mulut. Buah-buahan ini dapat membantu karena dapat meningkatkan metabolisme, anti-inflamasi dan kaya vitamin C. Jika Anda memiliki masalah serius dengan sariawan, konsumsilah buah-buahan ini.
.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About