Pages

Sabtu, 26 Januari 2013

cara alami meredakan encok pada sendi kaki

Cara Alami Meredakan Encok Pada Sendi Kaki

Posted on 28 Nov 2012 at 10:43am

encok_pada_sendi_kaki
photo by pijatbagus
Encok biasanya menyerang bagian sendi-sendi tubuh, seperti ibu jari kaki, tumit, lutut, jari-jari, bahkan siku. Rasanya tentu saja nyeri. Nyeri yang ditimbulkan tak jarang membangunkan Anda di malam hari dari tidur. Selain nyeri, Anda juga bisa melihat bahwa sendi yang terserang biasanya berwarna merah, bengkak, berdenyut-denyut, dan terasa lembek dan kaku sekaligus. Jenis encok seperti ini disebabkan oleh terakumulasinya uric acid di dalam persendian. Uric acid adalah zat uraian dari purine. Purine sendiri adalah zat yang dihasilkan tubuh dan juga terkandung dalam beberapa makanan. Biasanya, uric acid akan diproses tubuh secara alami dan dikeluarkan melalui air seni. Namun, pada penderita encok, uric acid tidak bisa diproses tubuh dan akan menumpuk di sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Tentu saja ada pengobatan yang harus Anda ambil guna menyembuhkan encok Anda. Namun, ada juga beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meredakan rasa nyerinya.

Langkah Pertama

Pertama, apabila rasa nyeri mulai menyerang, Anda harus mengistirahatkan sendi yang terserang. Contohnya, apabila yang terserang adalah ibu jari kaki Anda, maka Anda harus berbaring seharian dan pastikan sama sekali tidak menggunakan kaki Anda. Gerakkan kaki Anda seperlunya dan sesedikit mungkin. Setelahnya, Anda juga harus pastikan bahwa sendi yang terkena harus diangkat lebih tinggi dari bagian tubuh Anda yang lain. Anda bisa menggunakan tumpukan bantal untuk menyangga kaki Anda. Pastikan bahwa sendi yang terserang tidak tersenggol apapun. Ini karena biasanya sendi yang sakit amat sensitif, bahkan sentuhan lembut sprei pun bisa memicu rasa nyeri. Anda harus beristirahat selama sehari semalam sampai rasa sakitnya mereda. Atau, Anda juga bisa merendam kaki Anda dalam air garam. Ini hanya berlaku untuk kasus encok yang terdapat pada kaki. Airnya harus cukup hangat untuk bisa melarutkan garam. Setelahnya, Anda bisa merendam kaki Anda selama kurang lebih satu jam di dalam air garam tersebut.

Makanan

Untuk makanan, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi buah cherry. Ada banyak varian cherry yang bisa Anda temukan. Yang bisa Anda gunakan untuk meredakan encok adalah jenis bing cherry. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai buah segar dengan memakan enam sampai sepuluh butir per hari, atau bisa juga mengkonsumsinya sebagai camilan dengan buah cherry kering. Jus cherry juga bisa Anda minum secara rutin setiap harinya. Sebaliknya, ada juga beberapa makanan yang harus Anda hindari karena mengandung purine yang tinggi. Jenis makanan tersebut adalah seafood, daging merah, soda, makanan berlemak jenuh, jamur, dan makanan dengan pemanis buatan. Pastikan juga Anda menjaga berat badan Anda di titik normal, karena kebanyakan orang dengan berat badan berlebih yang sering mengalami encok.

Sumber: Cara Alami Meredakan Encok Pada Sendi Kaki | Lovira.com http://lovira.com/cara-alami-meredakan-encok-pada-sendi-kaki/#ixzz2J4ChNT4d
Follow us: @loviracom on Twitter | loviracom on Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About