Pages

Rabu, 14 November 2012

mencgah hepatitis


                                                           Penyakit Hepatitis                                                                                                                                                                                  Hepatitis adalah peradangan hati karena berbagai sebab. Penyebab tersebut adalah beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan serta merusak sel-sel organ hati. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut hepatitis akut, hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut hepatitis kronis.
Istilah hepatitis dipakai untuk semua jenis peradangan pada hati (liver). Mengenai ini, ada sumber lain yang mengatakan bukan hanya berbagai macam virus tetapi juga obat-obatan, termasuk obat tradisional.

Mencegah Infeksi Hepatitis

Dengan cara-cara yang sederhana anda dapat mencegah infeksi hepatitis A, yaitu :
  • Minumlah air hanya dari sumber-sumber yang aman. Air PAM sudah diolah dan karenanya kemungkinan besar tidak menyebarkan infeksi seperti hepatitis A
  • Jika anda tidak yakin apakah air yang hendak diminum sudah diolah atau belum, minumlah hanya air yang sudah direbus atau air mineral dari perusahaan yang reputasinya baik.
  • Gunakan air yang sudah diolah atau direbus untuk menyikat gigi kerika anda bepergian ke wilayah-wilayah yang resiko terkena mnfeksi hepatitis-A nya sangat tinggi.
  • Hindari makan buah-buahan, salad, atau sayuran mentah yang anda cuci dalam air yang telah diolah atau dierbus.
  • Hindari makanan atau minuman yang dijual di pinggir jalan terutama jika makanan atau minuman tidak ditutup.
  • Dapatkan vaksin hepatitis A jika anda beresiko yg inggi terkena infeksi.

Mencegah Hepatitis A

Infeksi hepatitis dapat dicegah dengan imunoglobulin ataupun dengan vaksin hepatitis A. Imunoglobulin mengandung antibodi yangmelawan virus hepatitis . Antibodi adalah protein pelindung yang di produksi oleh tubuh sebagai respons terhadap agen penyebab penyakit apapun, seperti bakteri, virus, dan sebagainya. Imunoglobulin memberikan perlindungan jangka pendek terhadap penyakit hepatitis A. Efeknya berlangsung selama tiga sampai lima bulan.
Vaksin hepatitis A memberikan perlindungan terhadap hepatitis A untuk waktu yang lebih lama dibandingkan imunoglobulin. Meskipun durasi perlindungan ini tidak diketahui secara tepat, kebanyakan praktisi medis merekomendasikan untuk mengulang baksinasi ini setelah satu tahun, guna memastikan perlindungan yang maksimal dan untuk jangka panjang. Vaksin ini mengandung virus hepatitis A yang sudah mati atau tidak aktif, yang tiak akan menyebabkan hepatitis A, tetapi merangsang mekanisme perlindungan alami tubuh untuk membuat antibodi terhadap virus yang bersangkutan. Continue reading
Posted in Pencegahan Hepatitis | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Penyakit Hepatitis Kronik

Hepatitis kronik adalah peradangan pada hati yang terjadi lebih dari 6 bulan. Hepatitis kronik dapat berlangsung selama beberapa tahun atau bahkan sampai beberapa puluh tahun.
Pada kebanyakan orang, hepatitis kronis bersifat ringan dan tidak menyebabkan kerusakan hati yang parah. Akan tetapi pada beberapa orang, peradangan yang berlangsung lama dapat menghambat kerja hati berkembang menjadi sirosis, kegagalan hati atau bahkan kanker hati. Untuk itu sangat penting melakukan pemantauan terhadap kondisi penyakit melalui pemeriksaan laboratorium.

Gejala Hepatitis

Gejala paling awal dari hepatitis akut akibat virus pada mayoritas orang adalah perasaan tidak enak badan secara keseluruhan, kelelahan, demam, meriang, hilang nafsu makan, mual, muntah, diare, sakit kepala, dan rasa sakit diperut, yang lebih sering terjadi di perut bagian atas. Penyakit kuning, yang adalah perubahan bagian putih mata menjadi kuning, biasanya terjadi dalam hitungan hari , namun bisa mencapai dua minggu. Ketika penyakit kuning mulai tampak, banyak orang mengalami rasa gatal di kulit. Urine menjadi berwarna gelap. Warna tinja juga mungkin menjadi lebih terang. Pada tahap akhir infeksi, banyak orang menjadi tidak suka pada rokok.
Ketika dokter memeriksa anda, ia biasanya mendeteksi adanya lever yang membesar dan tender liver (daerah yang berdekatan dengan hati terasa sakit saat disentuh). Kadang kala dokter, juga mungkin mendeteksi adanya pembesaran limpa atau kelenjar getah bening di leher. Mungkin ada peradangan sendi (artritis) dan ruam kulit,  namun ini jarang terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About