Pages

Rabu, 12 Desember 2012

merawat tali pusat bayi

   Merawat tali pusat bayi


  Bayi menghabiskan sembilan bulan dalam rahim, dia makan dan bernafas melalui tali pusar. Ketika proses persalinan selesai, tali pusar yang selama ini sebagai sumber penghidupan bayi telah dipotong. Sehingga ibu dan anaknya menjadi dua organisme yang terpisah. Sejak saat itu, bayi mulai belajar mandiri sekaligus rentan terhadap berbagai bahaya di dunia. Bahaya awal adalah infeksi pada tali pusarnya jika tidak ditangani dengan baik dan benar.

Luka pusar memerlukan perawatan teratur, jadi penting untuk mengetahui bagaimana menerapkannya. Jika diperlakukan dengan baik, luka tali pusar akan sembuh dalam tiga minggu, bahkan mungkin kurang. Normalnya tali pusar akan kering dalam waktu 7 - 10 hari. 

Langkah pertama adalah memastikan bahwa luka bekas potong tali pusar tidak membusuk, dengan memeriksa bau, warna, dan adanya nanah. Ketika peradangan terjadi pada pusar bayi, bunda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari resiko infeksi dan tetanus. Hal yang harus dilakukan selalu oleskan dengan Kapas kasa yang telah diberi alkohol 70%. Jangan obat merah atau betadine, sebab akan membuat luka menjadi basah. Ketika luka menjadi basah dan bernanah, periksa ke dokter anak. Tapi tidak perlu khawatir, karena selama anda cepat memeriksakan ke dokter maka masalah pada tali pusar bayi dapat dengan cepat diatasi. 

Jika Anda menutup luka pada tali pusar, maka oksigen akan terhambat dan menciptakan kondisi ideal bagi perkembangan bakteri pembusukan. Menutup luka malah akan memperburuk situasi. Demikian pula dengan popok sekali pakai, penting untuk selalu mengecek bahwa popok yang dipakai tidak menutupi luka pusar, caranya dengan sedikit melonggarkan atau memotong tepi popok yang dekat dengan lubang luka tali pusar. 

Ketika ingin melakukan perawatan luka dengan menggunakan air jangan dilakukan sembarangan. Jangan menggunakan air dalam kasus ketika luka tali pusar masih basah. Tapi jika terpaksa menggunakan air, maka lebih baik jika Anda mencoba untuk merebus air mandi agar steril dari kuman dan luka pusar terhindar dari infeksi saat dimandikan. Lalu keringkan secepatnya dengan handuk saat selesai mandi.

Ketika sudah tiga minggu, tapi luka tali pusar masih belum mengering - segera ke dokter anak. Karena bisa jadi lamanya luka tali pusar mengering akibat pengaruh penyakit diabetes dari orang tua.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About