Pages

Rabu, 12 Desember 2012

perut buncit beresiko tulang rapuh

Pria Berperut Buncit Berisiko Tulang Rapuh

Sabtu, 1 Desember 2012 09:59 WIB
Metrotvnews.com: Kegemukan tak hanya mengganggu kesehatan jantung. Ternyata, pria yang memiliki perut buncit pun berisiko mengalami kerapuhan tulang alias osteoporosis. Biasanya, penyakit itu berhubungan dengan wanita yang berusia tua.

Sebuah penelitian di Harvard Medical School, Amerika Serikat, menemukan kondisi kegemukan membuat tulang rentan kehilangan kepadatannya. Menurut peneliti, risiko itu terjadi pada sepertiga wanita. Namun, satu dari lima laki-laki pun dapat mengalami gangguan tersebut.

"Sebagian besar penelitian terkait osteoporosis fokus pada wanita. Padahal, pria juga dapat mengalaminya, terutama bagi mereka yang bertubuh gemuk alias obesitas," kata pemimpin studi, dokter Miriam Bredella.

Untuk memastikan asumsi itu, Bredella dan timnya mengevaluasi 35 pria berbadan gemuk dengan usia 35 tahun. Mereka memiliki rata-rata indeks massa tubuh yaitu 34 dan ukuran lemak tubuh 36,5.

Para pria dibagi dalam dua grup. Kelompok pertama memiliki lemak subkutan di bawah kulit dan seluruh tubuh. Sedangkan grup kedua memiliki lemak visceral atau lemak di bawah jaringan otot di rongga perut.

Lemak visceral menyebabkan perut buncit. Itu terjadi meskipun orang tersebut memiliki tubuh kurus. Lemak itu lebih mengancam kesehatan karena dikemas di organ dalam dan berkaitan dengan penyakit jantung. Lemak itu dipengaruhi gen, diet tinggi lemak, dan gaya hidup.

"Yang mengejutkan kami adalah pria dengan lemak visceral memiliki tulang lebih lemak dari kelompok lainnya. Padahal, mereka berada di tingkat yang sama dengan level obesitas yang sama pula," kata Bredella.

Bredella mengatakan penelitian itu menggunakan kecanggihan dan alat pencitraan untuk memprediksi risiko tersebut. Ia memperkirakan dua alasan utama kaitan antara lemak perut dengan osteoporosis.

Pertama yaitu semua orang dengan hormon lemak visceral kurang manusiawi memainkan peran pertumbuhan mensekresi yang menjaga kesehetan tulang. Alasan kedua yaitu lemak visceral mengeluarkan molekul yang mengakibatkan peradangan berujung melemahkan tulang.(dailymail/RRN)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About