Pages

Rabu, 12 Desember 2012

sakit pinggang

Sakit pingggang merupakan keluhan yang umum dalam rumah tangga. Jika kelewat letih bekerja, melebihi biasanya sering muncul sebagai sakit pinggang.                                                                                                                                                              Belum tentu sama penyebabnya. Namun, sering -sering lantaran memikul beban pekerjaan, khususnya yang membedani tulang, sendi dan otot sekitar pinggang.
Gambar : Bentuk bantalan pinggang (warna biru) yang merupakan tempat atau lokasi dari penyebab sakit pinggang
Sakit pinggang karena beban pekerjaan, mucul dadakan sehabis melakukan pekerjaan berat. Apabila ibu rumah tangga yang biasanya tidak pernah mengeluh sakit pinggang, mendadak sakit pinggang, kemungkinan pada hari sebelumnya ada yang keliru dalam cara melakukan pekerjaan di rumah. Keliru mengangkat barang berat, misalnya.
Cara sehat mengangkat barang berat itu tidak boleh menunduk lalu barang diangkat, melainkan harus berjongkok terlebih dahulu dan baru barang diangkat perlahan-lahan. Pekerajaan ini tidak boleh dilakukan oleh mereka yang pernah ada riwayat sakit pinggang lama yang didiagnosis urat terjepit (hernia nucleous purposes, HNP).

Pengobatan Nyeri Pinggang

Untuk menegakkan diagnosis serangkaian pemeriksaan akan dilakukan, antara lain melalui wawancara dengan pasien, pemeriksaan fisik, pemeriksaan radiologi, berupa X-Ray, CT-scan dan MRI. Kabar baiknya penanganan nyeri pinggang tidak ha4rus dengan operasi. Pengobatan bisa dilakukan dengan menggunakan obat antiinflamasi dan pain killer atau fisioterapi dengan ultrasound dan UKG. Termasuk physical treatmebr seperti manipulasi otot dan pemijatan.
Pada kasus nyeri pinggang ringan, penderita bisa melakukan olahraga renang, yoga atau pilates dengan konsentrasi diarea tulang belakang, menggunakan korset secara tepat atau dengan menjalani hidup sehat.
Sedangkan tindakan medis pilihan bagi pasien nyeri pinggang kronikm adalah suntikan yang dikenal dengan Selective Nerve Root Block dan suntikan Epidural Steroid. Kedua metodeini adalah sebagai tindakan medis non operatif. Selective Nerve Root Block mendeteksi sumber rasa sakit dan juga sebagai terapi untuk mengurangi nyeri pinggang serta perawatan lebih lanjut untuk lateral disc herniation. Sementara suntikan Epidural Steroid merupakan suntikan steroid kedaerah epidural untuk mengendalikan nyeri punggung.
Prosedure operasi baru akan dilakukan pada penanganan nyeri pinggang dengan kasus berat dan mengganggu kualitas hidup seseotang. Ini merupakan sebagai upaya penyembuhan.
Jika operasi sebelkumnya dilakukan dengan pembedahan secara konvensional dengan sayatan lebar. maka saat ini iperasi penanganan nyeri pinggang sudah bisa dilakukan dengan metode minimal invasive, yaitu melalui Micro Discectomy per Endoscopy (MDE).
MDE adalah tindakan bedah pada kelainan dengan penekanan saraf tulang belakang dengan menggunakan kamera degan sayatan mminimal 1-1,5 cm. Salah satu metode MDE adalah sistem Endospine dimana sayatan dilakukan lebih kecil dengan pendarah operasi minimal dan hanya membutuhkan perawatan pasca operasi singkat, yaitu satu hari.

Penyakit Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang terbagi atas dua, yaitu akut dan kronik. Nyeri pinggang akut biasanya terjadi tidak lebih dari 6 minggu. Nyeri ini kebanyakan disebabkan oleh cedera saat berolahraga, melakukan aktifitas sehari-hari atau akibat mengangkat beban yang berat.
Sementara nyeri pinggang kronik bisa bertahan hingga 2 bulan dan rasa nyerinya seringkali memberat seiring waktu. Nyeri pinggang kronik memerlukan perhatian khusus karena ada kemungkinan terkait dengan penyakit seperti radanf, infeksi, atau osteoporosis. Nyeri pinggang juga busa dipicu oleh faktor lain seperti gangguan pada usus, ginjal, infeksi, tumor, hingga gangguan organ reproduksi wanita.
Pada gangguan ginjal yang sering dihubungkan dengan nyeri pinggang, biasanya disebabkan karena adanya infeksi ginjal dan batu ginjal. Sementara pada masalah organ reproduksi wanita nyeri pinggang biasanya disebabkan karena adanya kista ovarium dan endometriosis.
Tapi tumor, baik jinak maupun ganas juga bisa menyebabkan nyeri pinggang karena tumor yang terjadi didaerah tubuh manapun akan mengalami penyebaran ke tulang pinggang. Kehamilan juga bisa memicu munculnya nyeri pinggang akibat dari tekanan mekanis pada atulang pinggang dan pengaruh dari posisi bayi dalam kandungan.
Nyeri pinggang kronik harus mendapat perhatian serius karena adanya banyak kemungkinan terkait dengan suatu penyakit, seperti : radang, infeksi, atau bahkan osteoporosis. Nyeri pinggang busa berakibat serius jika tidak ditangani dengan benar. Jangan dibiarkan berlarut-larut, nyeri pinggang bisa menyebabkan pembengkokan tulang belakang.

Nyeri Pinggang Kronik

Banyak anggapan pengobatan nyeri pinggang terutama nyeri pinggang kronik harus dilakukan dengan jalan bedah yang berbuah luka sayatan besar, banyak pendarahan dan perlu istirahat selama berminggu-minggu. Karena alasan ini orang lebih memilih membiarkan rasa nyeri mereka. Padahal selain mengganggu aktivitas sehari-hari turunnya produktivitas pun juga mengancam akibat nyeri berkepanjangan.
Hampir semua orang pernah mengalami nyeri pinggang. Sayangnya nyeri pinggang seringkali diabaikan karena dianggap hal biasa. Padahal selain mengganggu aktifitas sehari-hari, nyeri pinggang jika dibiarkan juga akan berdampak pada turunnya produktifitas seseorang. Padahal nyeri pinggang bisa diobati.
Nyeri pinggang merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Nyeri pinggang bisa disebabkan banyak hal, sayangnya banyak orang mengabaikan nyeri pinggang yang serius karena dianggap sebagai nyeri biasa akibat melakukan aktifitas sehari-hari dan akan menghilang dalam waktu tertentu. Padahal selain di picu karena adanya aktifitas fisik, seperti pekerjaan berat atau jarang olahraga, nyeri pingang juga bisa disebabkan obesitas dan gaya hidup yang tidak sehat.
Nyeri pinggang juga terjadi akibat merokok. Hanya saha hubungannya belum diketahui. Nyeri pinggang bisa terjadi didaerah lumbal ataupun non lumbal. Hanya saja nyeri pinggang lebih rentan terjadi didaerah lumbal, yaitu bagian bawah punggung. Nyeri ini berkaitan dengan tulang, saraf, sendi dan bantalan seperti peregangan tulang pinggang, peradangan pada sendi atau iritasi saraf karena pergerseran mekanis.
Daerah lumbal terdiri dari 5 tulang kecil karena daerah itu paling elastis dan menyangga berat badan atas manusia serta beban yang dibawa seseorang. Besarnya beban yang dterima bantalan lumbal tergantung pada posisi tubuh, misalnya berdiri duduk, atau tidur. Selama ini banyak orang tidak menyadari duduk terlalu lama bisa menyebabkan nyeri pinggang. Duduk dianggap posisi istirahat yang lebih baik dari pada berdiri. Padahal justru berdiri merupakan kondisi yang tidak terlalu memberikan beban bantalan umbal dibanding posisi duduk.
Beban yang diterima bantalan lumbal pada saat duduk tegak adalah 150 kg, sedangkan saat berdiri hanya 100 kg. Berbeda lagi dengan posisi tidur miring yang memberikan beban bantalan lumbal 3 kali lebih tinggi di bandingkan posisis tidur telentang.

Nyeri Pinggang, Leher dan Bahu

Nyeri pada tuang belakang, leher dan bahu adalah masalah yang sangat sering terjadi. Pada cara lama, istirahat memrupakan pengobatan standar. tetapi sekarang strategi penanganan masalah otot dan sendi adalah dengan pendekatan akrif berdasarkan latihan-latihan yang terarah (rehabilitasi aktif) dan terbukti mengurangi nyeri serta mengembalikan fungsi kegiatan sehari-hari.
Fokus dan fisioterapi dan rehabilitasi kini adalah mengembalikan fungsi dan memperbaiki kualitas hidup, tidak hanya sekedar memperbaiki struktur yang mengalami kelemahan. Oleh karena itu sendi-sendi terutama tulang belakang bila mengalami nyeri, harus segera di dipulihkan setelah diberi obat-obatan atau perawatan untuk mengurangi nyeri, yaitu dengan melakukan latihan-latihan secara nertahap dan teratur (rehabilitasi aktif) untuk memulihkan fungsi sendi tersebut.

1 komentar:

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About