Pages

Rabu, 12 Desember 2012

sakit tenggorokan

Sedang sakit tenggorokan? Hindari makanan berikut ini!

Reporter : Rizqi Adnamazida
Selasa, 20 November 2012 20:17:00
Sedang sakit tenggorokan? Hindari makanan berikut ini!
Kategori Sehat Bugar

Ilustrasi alkohol. ©Shutterstock/Alexey Lysenko
190
 


Rasa gatal dan sakit saat menelan adalah gejala umum dari radang tenggorokan. Jika Anda tengah mengalaminya saat ini, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan seperti yang dilansir dari Boldsky (19/11) berikut ini.
Makanan asamAcar dan jeruk adalah contoh makanan yang rasanya asam. Anda sebaiknya menghindari makanan yang satu ini jika sedang menderita radang tenggorokan. Sebab makanan asam akan memperparah rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan.
Makanan pedasMakanan pedas mungkin ampuh meredakan gejala demam dan pilek yang Anda alami. Tetapi jangan coba-coba untuk mengonsumsinya ketika radang tenggorokan menyerang. Sebab efek makanan pedas membuat kondisi radang tenggorokan semakin parah.
Produk susuBaik itu keju, yogurt, atau susu itu sendiri, segala macam produk tersebut patut dihindari penderita radang tenggorokan. Pada awalnya susu memang menenangkan tenggorokan, tetapi sisanya meninggalkan lapisan yang memperparah radang.
GorenganSelain tidak menyehatkan, gorengan juga membuat tenggorokan semakin sakit saat menelannya. Selain gorengan, hindari pula makanan kering seperti sereal, kacang, dan biskuit saat terserang radang tenggorokan.
KafeinSegelas kopi panas mungkin bisa meredakan radang tenggorokan dengan cepat. Tetapi efek tersebut bersifat sementara. Setelah itu, tenggorokan akan semakin sakit dan gatal. Jadi hindari kafein dan gantikan dengan teh jahe demi meredakan radang tenggorokan.
AlkoholTerakhir, Anda sebaiknya juga menghindari alkohol saat menderita radang tenggorokan. Alkohol memang bisa membuat tubuh merasa hangat saat cuaca dingin. Tetapi efeknya tidak berlaku saat Anda terkena radang tenggorokan.
Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat tenggorokan Anda sakit. Sementara untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi pisang, sup ayam, atau madu.
[riz]

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About