Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

kebutuhan tumbang balita

3 Kebutuhan Optimalisasi Tumbuh Kembang Bayi & Balita

Jum'at, 1 Juni 2012 19:35 wib
Gustia Martha Putri - Okezone
detail berita
Penuhi kebutuhan tumbuh kembang buah hati (Corbis)
UNTUK mengoptimalisasi tumbuh kembang bayi dan balita diperlukan beberapa hal. Apa sajakah?
Pada masa proses tumbuh kembang, bayi dan balita membutuhkan asupan gizi, kasih sayang, dan stimulasi. Kesemuanya dibutuhkan agar anak-anak mencapai tumbuh kembang yang optimal, cerdas, kreatif, dan kelak dapat berperilaku baik.

Lantas, bagaimanakah caranya? "Supaya bayi dan balita tumbuh kembang optimal mereka harus dicukupi tiga kebutuhan-kebutuhan pokok, yaitu fisik-biologis, kasih-sayang, dan stimulasi dini sejak di dalam kandungan," tutur Dr. Soedjatmika, SpA(K), MSi, dalam seminarnya berjudul Nutrisi dan Stimulasi untuk Kecerdasan Anak di JIExpo, Jakarta, Jumat (1/6/2012).

Berikut penjelasan Soedjatmika mengenai kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk bayi dan balita:

Kebutuhan fisik-biologis

Kebutuhan fisik-biologis merupakan kebutuhan meliputi gizi (ASI dan makanan pendamping ASI), imunisasi, kebersihan badan, dan lingkungan tempat tinggal, pengobatan, bergerak dan bermain. Kebutuhan fisik-biologis terutama berpengaruh pada pertumbuhan fisik, termasuk otak, alat penginderaan, dan alat gerak untuk mengeksplorasi lingkungan sehingga berpengaruh pada berbagai kecerdasan anak.

Kebutuhan asih (kasih sayang)

Kebutuhan kasih sayang, terutama rasa dilindungi, rasa aman dan nyaman, diperhatikan dan dihargai, didengar keinginan atau pendapatnya, tidak mengutamakan hukuman dengan kemarahan, tetapi lebih banyak memberikan contoh-contoh dengan penuh kasih sayang dan kegembiraan. Kebutuhan kasih sayang besar pengaruhnya pada kemandirian dan kecerdasan emosi.

Kebutuhan asah (stimulasi bermain sejak dini)
 
Kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai permainan yang merangsang semua indera (pendengaran, penglihatan, sentuhan, membau, mengecap), merangsang gerakan kasar dan halus, berkomunikasi, emosi-sosial, kemandirian, berpikir, dan berkreasi. Kebutuhan stimulasi bermain sejak dini akan besar pengaruhnya pada berbagai kecerdasan anak (multipel inteligen).
(tty)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About