Ada banyak mitos seputar diet untuk ibu hamil. Kita sering mendengar orang tua dari keluarga menasihati para ibu muda agar makan yang cukup untuk dua orang. Hari ini, kita tahu bahwa hal ini tidak benar. Bahkan, tak terkendali makan selama kehamilan dapat membuat Anda menambah banyak berat badan dan dapat membuat anak Anda kelebihan berat badan. Lalu makanan apa yang baik untuk ibu hamil?

Pertumbuhan janin berasal semua makanannya dari induknya melalui tali pusat. Oleh karena itu, sementara ibu tidak harus makan makanan yang cukup untuk dua orang, yang terpenting bahwa ia mengambil nutrisi yang cukup untuk dua orang. Jika ibu menderita kekurangan gizi, hal ini akan diteruskan kepada anak. Kekurangan gizi dini dapat menyebabkan sejumlah masalah perkembangan pada anak-anak.

Diet kehamilan harus kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dokter merekomendasikan asupan enam sampai tujuh porsi roti dan biji-bijian, dua sampai empat porsi buah, empat sampai enam porsi sayuran, dua sampai empat porsi susu dan sekitar tiga porsi protein setiap hari. dan disarankan untuk memilih makanan yang kaya akan serat. Contoh makanan yang baik seperti sereal gandum, beras, buah-buahan dan sayuran hijau segar.

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ingatlah untuk mengambil setidaknya empat porsi produk susu yang kaya kalsium. Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan sekitar 1200 mg kalsium setiap hari. Diet ibu hamil harus kaya akan zat besi juga.

Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan anak. Sumber penting dari vitamin C adalah buah sitrus, brokoli, kembang kol, pepaya, paprika hijau dan tomat. Vitamin A juga sama pentingnya seperti Wortel, ubi jalar, bayam, lobak, aprikot dan labu air yang mengandung banyak vitamin A.

Seorang ibu hamil harus selalu mengambil semua vitamin prenatal yang diresepkan nya. Ini adalah multivitamin yang dirancang khusus mengkompensasi ketidakseimbangan nutrisi atau kekurangan dalam diet ibu. Umumnya, ini mengandung zat besi, mineral, vitamin, asam folat dan kalsium. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi. Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah jeruk dan kacang kaya akan asam folat alami, juga vitamin dan zat besi.

Sama seperti ada hal-hal yang harus disertakan dalam diet untuk ibu hamil, ada beberapa hal tertentu yang harus dihindari selama kehamilan seperti alkohol, kafein, gula surplus, kelebihan lemak dan daging mentah. Dianjurkan juga untuk menghindari keju lunak, makan ikan hiu, ikan todak dan mackerel yang terkandung merkuri tingkat tinggi di dalamnya.

Sebagian besar ibu hamil merasa mual dan kurangnya nafsu makan yang menyedihkan selama trimester pertama mereka. Pada tahap ini, mereka mungkin makan makanan kecil sepanjang hari.

Banyak wanita yang mengalami berat badan karena lemak tinggi saat hamil. orang hami sering kali merasa lapar dan suka mengidam apapu harus dituruti. Tetapi jika Anda ingin menjaga berat badan Anda di bawah kontrol dan menghilangkan kegemukan setelah melahirkan, maka, penting untuk makan makanan rendah kalori dan tinggi nilai gizinya.

Sumber: Makanan Baik Untuk Ibu Yang Hamil Muda