Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

detak jantung tidak stabil

Detak jantung tidak stabil PDF Print E-mail
Written by Irfan Arief   
Thursday, 30 August 2007
Dear dokter,

Saya wanita berusia 26 tahun, single berat badan 50 Kg, TB 156 cm. Sudah hampir 1 tahun belakangan saya merasakan detak jantung saya tidak stabil. Pernah suatu malam (sudah 2 kali saya merasakannya) tiba-tiba ketika tidur saya merasakan "sesak nafas", bahkan saya merasa "tidak bisa bernafas". Intens detak jantung saya terasa lamban, saya coba diteksi dari denyut nadi di pergelangan tangan ternyata tidak stabil, tapi kadang2 gejala tersebut hilang dengan sendirinya, saya merasa senang kalau tidak kambuh, tapi kalau gejala itu datang /kambuh saya merasa sebal, karena saya merasa sesak, pernah suatu hari saya ke lab untuk cek jantung, waktu itu saya memang merasa sedang sehat (tidak merasakan gejala seperti di atas) dan hasil dari cek tersebut ternyata jantung saya baik2 saja (normal)... saya mohon bantuan, informasi dari dokter. Apa yang harus saya lakukan?  Terima kasih atas bantuannya
 
Salam,
Arie              


Jawaban:

Yth. Ibu Arie,
 
Keluhan seperti: detak jantung tak stabil, sesak nafas, tidak bisa bernafas, detak jantung lamban, hal-hal tersebut di atas bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan dijantung, paru-paru atau saluran pencernaan.
 
Untuk membuktikan adanya kelainan di jantung perlu dilakukan pemeriksaan seperti EKG, Foto Thorax dan laboratorium. Apalagi utk melihat kelainan detak jantung sebaiknya dilakukan pemeriksaan EKG  utk merekam aktivitas listrik jantung.
 
Saran & usul: utk membuktikan adanya kelainan jantung sebaiknya memeriksanaknnya ke dokter jantung dimana salah satu pemeriksaannya dilakukan pemeriksaan EKG.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About