Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

magh kronis

magh kronis

posted by Maag Kronis
Gejala maag kronis dapat dipicu oleh iritasi lama dari penggunan obat anti-inflammatory drugs (NSAID), infeksi bakteri helicobacter pylori, anemia pernisiosa (suatu gangguan autoimun), degenerasi lapisan perut terutama mereka yang telah berusia tua, atau refluks empedu kronis. Gejala sakit maag kronis bisa menyebabkan sakit perut atas, gangguan pencernaan, berkurangnya selera makan, mual, muntah yang disertai darah, buang air besar juga disertai darah.
Maag kronis terlihat lebih ringan, seringkali gejala tidak terasa seperti ketika mengkonsumsi makanan pedas atau berlemak dan mengalami nyeri ringan yang akan hilang setelah makan.
Berikut Cara-Cara Mencegah Gejala Sakit Maag Kronis Terjadi,  Antara Lain :
1. Mengkonsumsi makanan yang lembut/lunak
2. Hindrai makanan dan minuman yang dapat mengiritasi lambung seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan obat yang dosis tinggi, jangan telat makan, hindari makan yang terlalu banyak makanlah sedikit-sedikit tapi sering, usahakan buang air besar secara teratur jangan menunda-nunda jika ingin membuang air besar.
Pemeriksaan Penunjang Untuk Gejala Maag Kronis
Banyak orang dengan maag kronis tidak menunjukkan gejala-gejala maag kronis. Maka dari itu untuk mendiagnosis gejala maag kronis terkadang diperlukan pemeriksaan penunjang yang biasanya dilakukan oleh tim medis antara lain hitung darah lengkap (CBC) untuk menunjukkan anemia, EGD (esophagogastroduodenoscopy) dan biopsi menunjukkan maag, uji feses guaiac untuk memeriksa darah pada feses, serta pemeriksaan lainnya.
Pengobatan tergantung pada penyebab yang spesifik serta gejala maag kronis yang muncul. Beberapa penyebab akan hilang dari waktu ke waktu. Terdapat beberapa obat yang dapat mengakibatkan maag, sehingga beberapa obat tersebut harus dihentikan saat menderita gejala maag kronis. Obat yang menetralkan asam lambung atau penurunan produksi biasanya akan menghilangkan gejala sakit maag kronis dan mempercepat penyembuhan. Antibiotik dipakai untuk mengobati maag kronis yang dipicu oleh infeksi Helicobacter Pylori. Sedangkan maag yang dipicu oleh anemia pernisiosa diobati dengan vitamin B12.
Posted in Gejala Maag Kronis | Tagged , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Maag Kronis

Maag merupakan penyakit yang dipicu oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Pada umumnya maag terbagi menjadi dua macam yaitu maag kronis dan maag akut.
Maag kronis adalah penyakit maag yang intensitasnya lebih parah dari maag biasa. Sakit maag kronis atau syndrom dispepsia dapat menyebabkan penderitanya muntah darah, bahkan tak jarang mengakibatkan penderitanya mengalami penurunan berat badan secara drastis. Pengobatan terhadap sakit maag kronis tidak bisa disembuhkan secara total.
Dan maag kronis juga bisa disebabkan akibat stress, bakteri helicobakter pylori akan menimbulkan gangguan dilambung dan usus 12 jari yang jika tidak diperhatikan dengan baik. Kuman berkembang akibat mengkonsumsi makanan atau air yang kotor sehingga berujung pada penyakit maag kronis, karena kuman ini hanya tinggal di lambung. Pada keadaan parah, penyakit maag kronis dapat mengakibatkan pendarahan pada lambung, bahkan jika maag kronis di diamkan tanpa pengobatan bisa mengakibatkan kanker lambung.
Bisa juga berupa luka di kerongkongan yang terasa panas terbakar, mulut pahit, dan sering bersendawa. Hal ini disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan sedikit serat. Pola makan yang tidak teratur ini bisa mengakibatkan adanya klep di kerongkongan, dan mengakibatkan rasa tidak nyaman jika asam lambung naik ke kerongkongan.
Orang yang mengkonsumsi obat rematik selama lebih dari 1 bulan biasanya juga tidak menyadari kalau lambungnya luka parah. Gangguan baru disadari setelah mengalami pendarahan. Dalam keadaan normal, ada keseimbangan antara faktor agresif yang merusak lambung dan depensif yang melindungi lambung. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya penyakit maag kronis sampai kanker lambung.
Penyakit maag kronis biasanya akan kembali kambuh bila penderita tidak perduli dengan pola makan secara teratur. Sakit maag kronis rupanya akan menyebabkan beberapa penyakit lain mengikutinya. Obat maag yang dijual dipasaran berguna untuk mengurangi asam lambung dan cenderung bersifat menetralkan. Bila obat tersebut secara terus-menerus dalam jangka panjang, maka akan mengakibatkan terganggunya kinerja ginjal.
Posted in Maag Kronis | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Maag Saat Hamil

Saat hamil, terkadang ibu hamil tidak berselera makan, mual dan muntah (emesis gravidarium) akibat pengaruh hormone chorionic gonadotropin. Karena perut sering tidak terisi, maka sakit maag akan muncul.
Penyakit maag yang diderita sebelumnya dapat memperburuk masa mengidam ibu hamil, yaitu mual dan muntah berlebih (hiperemesis gravidarum)
Pada ibu hamil rentan sakit maag. Bahkan, yang tadinya tidak menderita maag bisa saja terkena maag saat hamil. Salah satu penyakit saluran pencernaan ini dialami berkisar 60-80 persen ibu hamil.
Biasanya, keluhan pada daerah sekitar lambung baik itu mual, muntah (emesis gravidarum), heart burn (rasa panas di ulu hati, bahkan sampai mual dan muntah yang berlebihan ( hiperemesis gravidarium).
Multifaktor
Sakit maag pada ibu hamil disebabkan berbagai faktor, antara lain muntah-muntah yang membuat ibu hamil malas makan. Kebanyakan ibu hamil mengkonsumsi makan-makanan yang terlalu pedas dan asam  dapat menyebabkan terjadinya sakit maag.
Selain itu, ibu hamil sering mengalami keluhan di daerah sekitar lambung karena terjadi perubahan hormon yang mempengaruhi hal tersebut.
Berikut Hormon-hormon yang dapat mempengaruhi, antara lain :
1. Esterogen
Esterogen merupakan hormon yang berguna membangun lapisan dinding rahim, untuk menjaga plasenta di dalam rahim. Hormon ini mempunyai efek samping yang menimbulkan rasa mual.
2. Pregesteron
Pregesteron berfungsi sebagai relaksasi rahim untuk mempertahankan kehamilan sampai usia cukup bulan. Namuun peningkatan kadar hormon ini mengakibatkan terjadinya relaksasi pada saluran pencernaan yang berakibat melambatnya penggosongan lambung dan peristaltik. Sehingga menibulkan rasa eneg, sebuah, penuh dan mual. Hormon ini juga dapat menyebabkan timbulnya penumpukan gas pada saluran pencernaan. Penumpukan gas tidak berpengaruh pada janin tapi mengakibatkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil.
3. HCG (Human chorionic Gonadotropin)
Hormon HCG ini tidak memiliki efek secara langsung terhadap saluran pencernaan, akan tetapi menstimulasi ovarium untuk menghasilkan esterogen yang bisa menimbulkan rasa mual.
Penggunaan obat maag pada ibu hamil, antara lain :
Berdasarkan penelitian, obat yang dijual bebas untuk mengatasi keluhan maag relatif aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi sesuai dosis. Karena tidak ditemukan efek teratogenik, malformasi (kecacatan) pada bayi. Namun sebelum itu terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter agar lebih tepat jenis obat dan dosis sesuai dengan kebutuhan.
Berikut ada 2 cara untuk mengatasi gejala saluran pencernaan, antara lain :
1. Farmakologis yaitu dengan menggunakan obat
Dokter akan memberi resep obat tertentu yang dapat memperbaiki peristaltik usus dan mengurangi sekresi asam lambung, seperti vitamin B6, B12, anti histaine, antasida, H2 reseptor antagonist dan proton pump inhibitor.
2. Non Farmakologis yaitu tanpa menggunakan obat
Menggunakan obat herbal, seperti jahe (dalam bentuk permen, sirup, atau kapsul), akupuntur atau dengan cara mengoleskan minyak kayu putih pada tubuh juga dapat mengurangi gas berlebih pada tubuh.
Berikut tips mencegah maag saat hamil, antara lain :
1. Bersenang hatilah menerima kehamilan anda, sehingga apapun keluhan yang muncul dapat diterima dengan ikhlas.
2. Hindari stress, karena akan menyebabkan produksi asam lambung.
3. Hindari perut kosong, sempatkanlah memakan biskuit/ kue saat bangun di pagi hari.
4. Makanlah dengan porsi kecil tapi sering, bisa sehari 4 hingga 6 kali.
5. Kurangi mengkonsumsi makanan yang bisa menghasilkan gas seperti kubis, ubi, minuman bersoda, makanan yang bersantan, berlemak, atau terlalu berbumbu dan pedas.
6. Jangan segera berbaring setelah makan, karena akan menimbulkan rasa penuh dan panas pada lambung.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5
[Try us with Wibiya!] 1 2 3 4 5

Blogroll

About